SEKILAS PUSAT PENDIDIKAN dan LATIHAN KEJURUAN

SEKILAS PUSAT PENDIDIKAN dan LATIHAN KEJURUAN

Sejalan dengan upaya melakukan pembangunan nasional, pemerintah telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada perusahaan swasta untuk ikut serta dalam melaksanakan pembangunan.

Tenaga kerja merupakan faktor paling dominan dalam setiap proses, karena selain sebagai obyek atau sasaran pembangunan itu sendiri masih perlu didayagunakan secara efektif dan efisien.

Untuk mengatasi kesenjangan ini, PT. KALIMAS AI Yogyakarta adalah salah satu perusahaan swasta yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan industri otomotif yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan jalan mendirikan lembaga pelatihan swasta.

Kemudian untuk lebih mengenal kiprah dan peranan PLK PT. KALIMAS AI Yogyakarta, maka kami berikan data-data sebagai berikut :

  1.  Nama lembaga            : Pendidikan dan Latihan Kejuruan

Status                      : Pembina / Disamakan

Penanggung Jawab    : R. Nikko Indarto

Alamat                      : Jl. Raya Yogya-Solo Km. 9

 

  1. Organisasi PLK PT. KALIMAS AI Yogyakarta :

PLK PT. KALIMAS AI Yogyakarta didirikan pada tanggal 17 Februari 1992 berdasarkan SKEP KAKANWIL DEPNAKER PROP. DIY, No Kep. 533/W.11/1992, tentang pemberian ijin pendirian lembaga latihan kerja.

Dalam sistem organisasi yang menganut sistem vertical dimana seorang instruktur sebagai orang terdepan dalam bidang pendidikan akan bertanggung jawab terhadap pimpinan diatasnya dan juga pada sponsor pengirim siswa. Untuk bidang administrasi menggunakan sistem komputerisasi dimana untuk administrasi harian dipegang oleh sekretaris PLK, administrasi pelatihan oleh instruktur, sedang untuk administrasi personalia menginduk pada personalia perusahaan, demikian pula untuk administrasi keuangan.

Program pelatihan pendidikan di PLK mengacu pada pendidikan dan pelatihan di Jerman yang diolah oleh PT. Mercedes - Benz Distribution Indonesia ( PT. MBDI ), sesuai dengan produk yang dihasilkan yaitu Mercedes-Benz. Dengan Komposisi kurikulum adalah 80% praktek dan 20% teori.

Program pelatihannya adalah terdiri dari 6 ( enam ) bulan teori dan 6 (enam ) bulan berikutnya praktek ( On The Job Training ), diperinci sebagai berikut :

  1. 6 (Enam ) bulan pertama teori terdiri dari :

1.1 Program Orientasi                                                1 minggu

1.2 Program Pelatihan Dasar Logam                             5 Minggu

1.3 Program Pelatihan Dasar Motor                              5 Minggu

1.4 Program Pelatihan Dasar Chassis                             6 Minggu

1.5 Program Pelatihan Dasar Listrik                              3 Minggu

1.6 Program Service and Maintenance                           1 Minggu

1.7 Program Dasar Tekhnik Suku Cadang                        1 Minggu

1.8 Program Orientasi On The Job Training                     1 Minggu

  1. 6 ( Enam ) bulan berikutnya Praktek / On the Job Training di bengkel PT. Kalimas AI cabang Yogyakarta, Semarang, Bali, Solo, dan perusahaan otobus yang ada diwilayah DIY dan sekitarnya. Sistem yang digunakan untuk prakte adalah membuat kelompok-kelompok kecil dan kemudian diputar / disirkulasikan diantara cabang dan PO tersebut diatas.

     3 ( Tiga ) minggu sebelum masa praktek selesai, siswa kembali ke PLK untuk diadakan Evaluasi Tahap Akhir. Untuk siswa yang mempunyai nilai akhir 55 ke atas akan dinyatakan lulus, tetapi bila nilai dibawah 55 dan dipandang baik dari sikap kerjanya, maka siswa tersebut dinyatakan selesai mengikuti latihan, akan tetapi masih diharuskan mengikuti mata pelajaran-mata pelajaran yang belum dipahaminya. Atas prestasi tersebut siswa berhak atas sertifikat dari perusahaan selaku penyelenggara pelatihan yang di legalisasi oleh Kakanwil Depnaker Prop. DIY.

Peserta pelatihan dan pendidikan mempunyai syarat minimal lulusan SMU sederajat baik dari umum atau kiriman dari sponsor yang diterima di PLK melalui seleksi bertahap.

 

Tahap I            Mempelajari dahulu edaran informasi dan brosur, kemudian mendaftarkan dan mengisi fomulir pendaftaran.

Tahap II          Seleksi / tes masuk, meliputi 3 jenis, yaitu :

Ø  Tes kemampuan dasar

Ø  Tes kemampuan tekhnik

Ø  Wawancara

Dari hasil seleksi Tahap II kemudian dirangking, untuk rangking 1 s/d 20 langsung diterima, rangking 21 s/d 23 sebagai cadangan.

Tenaga pendidik / instruktur diambil dari lulusan sarjana pendidikan dan lulusan PLK yang ditraining Logam Dasar dan Basic Otomotif di  Technical Training Centre PT. Mercedes - Benz Distribution Indonesia ( PT. MBDI ), selama 6 bulan. Kemudian sebagai pengembangan Instruktur, masih diikutkan dalam Product Training yang selalu terkait dengan munculnya produk kendaraan baru Mercedes-Benz di pasar. 

Fasilitas pendidikan dan latihan serta asrama disusun dan dirancang sedemikian rupa sehingga siswa yang dapat di tampung hanya 20 orang tiap angkatan. Sedang daya tampung maksimal adalah 2 angkatan (40 siswa)

Hal ini untuk lebih efektif dan efisien didalam penanganan di bidang pendidikan dan pelatihan mengingat kemampuan dasar tiap siswa berlainan (heterogen).

Siswa masuk asrama dimaksudkan supaya proses interaksi belajar mengajar sesuai dengan kemampuan instruktur dan proses tranfer ilmu dapat dilaksanakan dengan mudah, karena siswa akan selalu di bimbing dan diawasi secara kontinyu.

Aktifitas atau kegiatan siswa sehari-hari disusun sebagai berikut :

1.         Bangun pagi                                        04.30 - 05.00

2.         Senam / lari pagi                                  05.00 - 06.00

3.         Bersih-bersih asrama                           06.00 - 06.30

4.         Makan pagi                                         06.00 - 07.00

5.         Persiapan apel pagi                              07.00 - 07.45

6.         Apel pagi                                             08.00 - 08.10

7.         Pelajaran (Pertama)                             08.10 – 12.00

8.         Istirahat                                               12.00 – 13.00

9.         Pelajaran (Kedua)                               13.00 – 15.30

10.       Bersih-bersih lingkungan sekolah       15.30 – 16.00

11.       Apel sore                                           16.00 – 16.15

12.       Rekreasi/TV/Berita/Olah raga             16.15 – 17.30

13.       Makan malam                                     17.30 – 18.00

14.       Rekreasi/TV/Berita                             18.00 – 19.30

15.       Belajar malam                                     19.30 – 21.00

16.       Istirahat                                               21.00 – 22.00

17.       Tidur malam                                        22.00 – 04.30

Pada semua siswa diwajibkan mengikuti semua kegiatan sampai sedetail-detailnya.Bila ada yang berhalangan, akan di atur oleh kebijakan pimpinan yang sudah digariskan. Untuk libur akhir pekan adalah dari jam 15.00 WIB hari Sabtu sampai dengan 20.00 WIB hari Minggu malam. Hari-hari libur lainnya disesuaikan dengan hari libur resmi pemerintah.

Sebagai upaya pembinaan disiplin siswa selama mengikuti pendidikan di PLK PT. KALIMAS AI Yogyakarta selain adanya jadwal yang ketat disertai sistem pengawasan rutin, adalah adanya peraturan-peraturan pokok yang telah ditandatangani oleh siswa, sponsor/orang tua dan adanya aturan tambahan pada saat on the job training, sehingga apabila siswa dikemudian hari kedapatan indisiplioner dan sudah melanggar aturan maka siswa akan diberikan sangsi, teguran lisan, kerja logam dasar diluar jam pelajaran, Surat Peringatan I, II, III dan pada akhirnya bisa di keluarkan dari PLK.

Demikian sekilas tentang PLK PT. KALIMAS AI yang sampai saat ini sudah berusia lebih dari 20 tahun.

PLK telah mewisuda program magang 1 tahun sebanyak 47 angkatan.

 

- PT. SIBA SURYA                             1   angkatan.

- PT. Tri Citra Karya                           3   angkatan untuk penataran basic otomotif.

- Perum DAMRI                                 10 angkatan untuk penataran basic diesel.

- PT. Steady Safe Jakarta                    2   angkatan untuk penataran basic diesel.

1        angkatan untuk penataran basic las.

Dengan demikian dalam kurun waktu + 20 tahun PLK PT. KALIMAS AI Yogyakarta telah meluluskan 47 angkatan untuk magang 1 tahun dan 13 angkatan untuk penataran.

 

Sedangkan yang masih menjalani proses pendidikan dan pelatihan adalah sebagai berikut:

 Ø  Program Magang 1 tahun                  2 angkatan (angkatan 48 dan 49)

Siswa PLK PT. Kalimas AI adalah kiriman dari perusahaan- perusahaan yang menggunakan armada Mercedes-Benz dari segala jenis dan siswa perorangan.

Setelah mereka selesai mengikuti pendidikan, maka akan di kembalikan ke perusahaan sponsor masing-masing, dan untuk perorangan yang mempunyai nilai yang tinggi akan di bantu untuk mencarikan pekerjaan.

Dengan demikian siswa PLK secara garis besarnya sudah mendapatkan pekerjaan.

Demikian sekilas PLK PT. KALIMAS AI Yogyakarta, semoga bisa menumbuhkan semangat yang lebih tinggi untuk merangsang kepedulian sosial pada perusahaan- perusahaan swasta dan instansi-instansi pemerintah, yang pada akhirnya usaha menciptakan tenaga kerja yang siap pakai dapat segera terwujud dengan dukungan serta peran aktif dari semua pihak baik swasta maupun pemerintah.

Informasi lebih lanjut hubungi:

PLK PT. KALIMAS AI

Jl, Yogya - Solo Km. 9 Yogyakarta

( 0274 488130 )